Kuntoro Sosok Simpel Penuh Solusi Dimata Founder BFLF

Monday 18 December 2023 | 2:49 pm WIB Last Updated 2023-12-18T07:49:51Z


Potred kenangan Almarhum Kuntoro bersama istri dan Michael beberapa tahun lalu

Kuntoro Mangkusubroto, sosok kunci dibalik pemulihan Aceh pasca Tsunami menghembuskan nafas terakhir pada usia ke 76 tahun kemarin. Ahad 17 Desember 2023. 

Kepergian Mantan Kepala Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi Nanggroe Aceh Darussalam - Nias (BRR NAD-Nias) ini  meninggalkan kenangan indah bagi Founder Blood For Life Foundation atau BFLF Michael Octaviano. 


“Sebagai ajudan dan protokol sampai berakhirnya BRR, saya melihat Bapak (Kuntoro) adalah orang baik, sosok pemimpin sederhana bukan dari ucapan tapi dari perbuatan,” kata Michael di Banda Aceh, Senin, 18 Desember 2023. 


Menurut Michael, Kuntoro berbeda dengan pemimpin lainnya mulai dari pakaian yang digunakan hingga alat transportasi. Dia pernah ingin dikawal dengan pengawalan yang ketat. 


“Makannya paling suka air kelapa, tempe dan sayur asem,” ujarnya. 


Michael mengungkapkan, Kuntoro pemimpin yang sangat menghargai para pemuda sehingga tim BRR didominasi anak muda. Selain pemikirannya, para pemuda memiliki semangat kerja yang tangguh. 



“Sangat mengakomodir dan pada saat bekerja Pak Kuntoro selalu memimpin rapat berdiskusi menanyankan solusi, dia simpel penuh solusi” ujarnya. 


Michael mengaku, Kuntoro merupakan sosok romantis terhadap pendamping hidup, saat di Aceh apabila istri memasak dirumah maka ia akan membatalkan janji makan siang dengan siapapun untuk makan dirumah. 


Dia mengatakan, terdapat satu pesan paling diingat bahwa Kuntoro berharap masyarakat Aceh menjaga dan merawat semua fasilitas yang sudah dibangun. Secara pribadi kata Michael, dia berharap ada moment penghargaan untuk pengabdian yang dilakukan oleh Kuntoro di Aceh seperti mengabadikan namanya pada jalan dan gedung pemerintahan. 


“Makanya pada saat dia melihat yang hancur usai dibangun dia sedih, Bapak sangat cinta dengan Aceh,” ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuntoro Sosok Simpel Penuh Solusi Dimata Founder BFLF

Trending Now