Dia Yang Semangat Sembuhnya Begitu Kuat

Thursday 7 December 2023 | 3:39 pm WIB Last Updated 2023-12-07T08:39:08Z

 


"Mohon doanya dek, semoga setelah ini kondisi kak Neng makin membaik dan gak ada operasi-operasi lain lagi,”

Umam, kakak sampai besok pagi ya,” suara telepon dari seberang. Menginformasikan kepada pengurus rumah singgah BFLF bahwa dirinya harus kembali menjalani sejumlah pengobatan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA).

Akrab di sapa Kak Uneng, begitulah pasien hingga fasilitator BFLF memanggil wanita kuat ini. Hingga kini, pasien rumah singgah BFLF pusat sejak 2017 yang berasal dari Aceh Selatan itu masih berjuang untuk sembuh sejak operasi tumor ovarium pada tahun 2016.

Sejak saat itu Uneng harus menjalani operasi lagi dan lagi karena timbulnya masalah baru usai operasi, dia harus menjalani  operasi-operasi lain sampai 6 kali dalam jangka waktu 4 tahun.

“Kak neng sempat mengalami lumpuh kurang lebih 6 bulan,” kenangnya.

Sebelumnya, Uneng juga merawat suaminya yang juga menderita tumor usus, berbarengan dengan itu kak Uneng merawat suaminya sambil berobat selama 2 tahun.

Melalui Ogek ketua BFLF Aceh Selatan pada tahun 2017 kak Uneng mengenal rumah singgah BFLF yang fasilitasnya sangat lengkap menurutnya.

Selama proses pengobatan kak Uneng merasa kesulitan dalam segi ekonomi, untuk biaya berobat dan biaya jalan sering di bantu oleh adiknya.

"Sempat waktu itu kak Neng di kasih ongkos pulang pergi sama pak Michael, bahkan pernah di kasih uang untuk beli ikan juga,” kata dia.

Uneng menjalani operasi tutup kolostomi pada February 2019 dan jebol pada Juli 2019 sehingga harus operasi lagi dalam tahun yang berbeda kembali dilanjutkan dengan tahun 2020 jebol lagi dan harus di operasi lagi.

Sekarang Uneng sedang menunggu jadwal operasi yang ke-9 karena kekurangan alat medis yang harus di pesan dari luar.

Menurut dokter, sel-sel dalam tubuhnya sudah melemah karena sudah keseringan operasi, namun kak Uneng tetap harus melakukan operasi lagi karena usus nya sudah jebol lagi sebelum mengalami penyempitan pada usus dan akan merasa kesakitan kerena penyempitan tersebut.

Untuk saat ini kak Uneng tak mengalami kesakitan pada hernia, namun perut nya semakin membesar karena jebolnya sudah besar sehingga ususnya keluar dari tempat yang seharusnya.

Satu-satunya harapan kak Uneng saat ini hanyalah ingin agar operasi kali ini berjalan lancar tanpa adanya resiko, dan ini menjadi operasi yang terakhir.

"Mohon doanya dek, semoga setelah ini kondisi kak Neng makin membaik dan gak ada operasi-operasi lain lagi,” dia yang semangat sembuhnya begitu kuat minta didoakan. [Fida Rismanita]

Edt: Hln


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dia Yang Semangat Sembuhnya Begitu Kuat

Trending Now