IDI Bersama BFLF Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Untuk 50 Orang Anak Panti

ADMIN
Saturday 8 April 2023 | 12:39 am WIB Last Updated 2023-04-07T19:26:45Z

 


Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Kota Banda Aceh berkerjasama dengan Blood For Life Foundation (BFLF) Indonesia, menggelar pemeriksaan kesehatan gratis. Sebanyak lima puluh orang anak usia lima hingga belasan tahun dari panti Rumoeh Seujahtera Aneuk Nanggroe (RSAN) menjalani pemeriksaan mulai dari pengecekan mata, hidung, telinga hingga tenggorokan. Jumat, 7 April 2023.

Ketua IDI Cabang Banda Aceh, Muntadhar mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program pengabdian IDI kepada masyarakat dengan harapan kedepannya program akan dilakukan secara gratis dan rutin di beberapa panti atau pasantren lainnya. 


"Kita membuat pengobatan massal, pengobatan anak, pengobatan THT, pengobatan mata. Jadi kalau ada kasus bedah kita langsung sarankan rujuk kerumah sakit atau kita sarankan untuk melakukan tindakan," ujarnya. 

Selain itu, Muntadhar mengatakan IDI mengajak langsung beberapa dokter spesialis dari Banda Aceh seperti dokter bedah, dokter umum dan dokter anak. Menurutnya kegiatan ini selain sebagai bakti sosial juga untuk mendekatkan pelayanan hingga ke anak panti. 

Sementara itu, Michael Octavaino, Ketua BFLF Indonesia mengatakan, kegiatan pemeriksanan untuk anak panti ini dilakukan karena melihat bahwa anak-anak di RSAN juga memerlukan penanganan dokter spesialis. 

"Generasi bangsa di panti ini sama seperti anak kita yang lain, mereka juga punya kesempatan untuk lebih maju," ujarnya. 

Untuk langkah utama sebut Michael, dilakukan di panti RSAN dulu, kemudian nantinya akan dilanjutkan secara triwulan di beberapa panti asuhan lainnya di Banda Aceh. 

"Kita berharap anak bisa melihat contoh bahwa ada didepan mereka seorang dokter yang sukses sehingga mereka termotivasi untuk sukses juga," ujarnya.


Adapun langkah kedepan, IDI Banda Aceh bersama BFLF akan menggecarkan program bakti sosial seperti pelatihan untuk petugas kesehatan di panti atau pasantren. 

Kegiatan pemeriksaan kesehatan bertajuk "Menggapai Maghfirah, Berbagi Rezeki di Bulan Yang Suci" ini ditutup dengan berbuka puasa bersama dengan puluhan anak panti, IDI juga memberikan santunan berupa bingkisan perlengkapan menyambut hari raya Idul Fitri.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • IDI Bersama BFLF Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Untuk 50 Orang Anak Panti

Trending Now