dr Sari Kupas Tuntas Pencegahan Anemia Pada Remaja

Monday 11 October 2021 | 7:31 pm WIB Last Updated 2021-10-11T12:44:22Z

 

BFLF Indonesia, Aceh Besar - “Berlombalah dalam kebaikan karena setiap berbuatan kita akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT. Dan semoga mahasiswa disini dapat menjadi kakak asuh darah bagi seluruh pasien anemia dan thalasemia,” ucap dr. Sari Haslinur saat memberikan materi pada seminar kesehatan dan donor darah  dengan tema “Genbi sehat bersama remaja bebas anemia”. Universitas Abulyatama Senin (11/10/2021).

Sari Haslinur ,M.K.M  merupakan Dokter Coder di RSUDZA pada Instansi Instalasi Asuransi Kesehatan RSUDZA. Pada kegiatan tersebut ia mengupas tuntas tentang kenapa remaja mengalami anemia dan pencegahan yang dapat dilakukan.

“Anemia adalah berkurangnya hemoglobin (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah. Sel darah merah ini berfungsi untuk mengangkut sel darah merah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Berkurangnya hemoglobin membuat tubuh dan otak tidak cukup menerima oksigen dan tidak dapat berfungsi dengan baik,” tuturnya.


Sari mengatakan Anemia dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, antara lain berkurangnya darah, kurangnya istirahat, kurangnya nutrisi, gangguan penyerapan zat besi, dan penyakit kronis. Oleh sebab itu ia mengingatkan bahwa pada wanita anemia lebih rentan terjadi.

“Darah menstruasi yang keluar setiap bulan merupakan darah yang juga mengandung zat besi. Jika berkurangnya darah ini tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang kaya zat besi, maka wanita rentan mengalami anemia defisiensi besi (ADB),” ucapnya.

Lalu bagaimana pencegahan anemia yang dapat dilakukan oleh remaja, Sari mengingatkan para mahasiswa untuk menjaga pola hidup seperti tidur tepat waktu, mengkonsumsi makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan air harian.

“Mengubah dunia dimulai dari mengubah kebiasaan buruk yang ada pada diri sendiri, jaga pola hidup seperti tidur tepat waktu, mengkonsumsi makanan bergizi dan mencukupi kebutuhan air harian,” ujar Dokter yang sebelumnya berpengalaman di unit donor darah PMI Kota Banda Aceh dan RSUDZA ini. [ ]


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • dr Sari Kupas Tuntas Pencegahan Anemia Pada Remaja

Trending Now