Antusiasme Para Donatur Pada Sedekah Makan Gratis BFLF


Besok genap satu minggu, Sedekah Makan Gratis BFLF mengudara, di halaman Rumah Singgah BFLF, jalan Gabus, nomor 52, Lamprit, Banda Aceh. Antusiasme hadir bukan hanya dari masyarakat penerima manfaat, para donatur juga banyak yang terketuk hatinya, berbagi makan siang, pada mereka yang membutuhkan.

Sejak pertama kali informasi Sedekah Makan Gratis BFLF diunggah di media sosial, Jumat (10/7), pertanyaan dan apresiasi terus bermunculan. Ada yang bekomentar langsung di badan postingan, ada pula yang menghunbungi Direktur BFLF, Michael Oktaviano via telepon atau WhatsApp.  

Sebagian besar dari mereka yang tergugah, akan langsung menanyakan bagaimana cara berpartisipasi dalam Sedekah Makan Gratis ini. Caranya telah dimuat pada laman website BFLF, https://www.bflf.or.id/ dengan Judul Sedekah Makan Gratis BFLF, Mari Memuliakan dan Membahagiakan.


Sejak hari kedua Sedekah Makan Gratis hadir, Sabtu (11/7), sampai dengan Kamis (16/7), total donasi yang terkumpul dan telah dikelola sebesar Rp 2.900.000. Sedangkan air minum dalam kemasan, masih disupport AINIQUA.

Donasi dalam bentuk makanan siap saji telah berdatangan sejak Rabu (15/7). Oleh Rosa dari Lueng Bata, Banda Aceh. Dia menyumbang 30 nasi bungkus. Rosa mendapat informasi program Sedekah Makan Gratis ini, awal dirilis di media sosial. Senin (13/7) ia langsung mengonfirmasi pada Pengurus BFLF, kapan tepatnya dia bisa menyumbangkan makanan.

Pada Jumat (17/7), Rumah Makan Al-Hidayat, Neusu Aceh, menyumbang 50 nasi kotak untuk Sedekah Makan Gratis. Mereka juga mendapat info lewat media sosial BFLF.   

Selama ini, ada beberapa komunitas yang rutin berbagi makanan, khusus bagi pasien dan keluarga pasien di Rumah Singgah BFLF. Komunitas ini berkunjung tiap Jumat. Seperti Komunitas Sedekah Sehari Seribu (S3) yang berbagi sejak Januari 2020 dan Komunitas Sedekah Jumat Barokah.

Lewat semangat dari mereka pula, yang awalnya makan siang hanya untuk penghuni Rumah Singgah, kali ini, Rumah Singgah yang berbagi makanan setiap hari, kecuali Minggu, pada masyarakat membutuhkan di sekitaran Lamprit, Banda Aceh.

Para donatur juga dapat menyumbang sesuai hari yang diinginkan. Layaknya Mimi Novita, dari Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DKRA). Ia sudah membooking sumbangan Sedekah Makan Gratis untuk Sabtu (18/7).

Melihat semangat para donatur, Michael Oktaviano tidak menyangka, berbagi makan siang setiap hari dapat diwujudkan. Menurutnya, tinggal mau bergerak atau tidak. Karena tanggapan masyarakat sangat positif. Terlebih lagi, pada masa panceklik ini.

“Kami paham kekhawatiran warga soal Covid-19 ini. Rasanya jangankan berbagi, bertemu orang diseputaran rumah sakit saja sepertinya ketakutan. Boro-boro berpikir menyumbang makanan langsung,” kata Michael.

Michael percaya, bila semua aturan protokol Covid-19 dijalankan dengan benar, atas izin Allah SWT, ditambah dengan niat baik berbagi, pada mereka yang sedang kesulitan, rasa-rasanya, tidak sampai hati untuk palingkan muka.

“Kami terus ikuti perkembangan pasien yang terkena Covid-19. Yang awalnya Sedekah Makan Gratis disajikan dalam bentuk prasmanan, sejak Rabu kemarin, semua makanan telah terbungkus. Bahkan lebih mudah dan bisa diantar langsung. Tidak perlu menunggu orang datang,” terang Michael.

Dia berharap, selama masa pandemi ini, mereka yang punya penghasilan tetap, bisa turut membantu masyarakat sekitar yang sedang tersendat penghasilannya. Dia membayangkan, bila tiap daerah di Aceh bisa melakukan hal yang sama, maka akan sangat meringankan beban masyarakat kecil. Dan menurutnya, ini bagian dari dakwah,

“Apabila perut mereka kosong akan sulit bagi kita untuk menyampaikan kebaikan. Artinya, bagaimana mungkin menyampaikan atau mengimbau hal yang baik bagi mereka, kalau perut mereka kosong. Pastilah emosi,” tutup Michael.

BFLF terus mengajak berbagai pihak, untuk ikut kolaborasi dalam program Sedekah Makan Gratis dengan cara, dapat mengantarkan langsung makanan siap saji, atau bahan makanan, atau dapat menyedekahkan dalam bentuk uang belanja. Bisa dikirimkan melalui Bank BNI Syariah, Nomor Rekening 0812608529 atas nama Blood For Life Foundation.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghunbugni WhatsApp Center BFLF 082370809008. Atau bisa langsung berkunjung ke Kantor BFLF di jalan Gabus nomor 52, Lamprit, Banda Aceh. Sedekah Makan Gratis, Mari Memuliakan dan Membahagiakan.[] Desi Badrina

Share this:

Tidak ada komentar