PMI dan BFLF Indonesia Ajak Masyarakat Mulai Tahun Baru dengan Donasi Darah

Monday 1 January 2024 | 6:23 pm WIB Last Updated 2024-01-01T11:23:17Z




PMI Kota Banda Aceh dan Blood For Life Foundation atau BFLF Indonesia mengajak masyarakat Aceh, khususnya Kota Banda Aceh dan sekitarnya untuk memulai tahun baru dengan aktivitas mulia, yaitu mendonorkan darah untuk pasien yang membutuhkan di rumah sakit. 


Seruan di sampaikan Ketua BFLF Indonesia Michael Octaviano saat berdonor darah di Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh, turut didampingi oleh Ahmad Haeqal Asri, pada Senin, 1 Januari 2024. 


Michael mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya yang berada di Banda Aceh dan sekitarnya, untuk membantu saudara di rumah sakit yang membutuhkan darah dengan mendonorkan darahnya di PMI.


"Saya mengajak seluruh masyarakat agar ikut mendonorkan darah dalam rangka menyambut tahun baru 2024. Di mana masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan (darah)," ujar Michael usai berdonor darah bersama Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri.


Ia menyebutkan, selain membantu menyelamatkan nyawa orang lain, kegiatan donor darah juga memberi manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh pendonor, seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, hingga menurunkan risiko kanker. "Dan yang lebih penting adalah mendapatkan pahala dari Allah," tutur Michael.


Haeqal mengatakan, permintaan darah yang masuk ke PMI Kota Banda Aceh dari pasien di berbagai rumah sakit dan klinik setiap harinya berjumlah 150-200 kantong. Pada kondisi normal permintaan darah ini bisa dipenuhi oleh Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh karena kegiatan donor darah bersama ASN Pemerintah Aceh, TNI-Polri, serta pihak swasta dan komunitas berjalan lancar. Namun, lanjutnya, kondisi berbeda pada akhir tahun.


"SKPA selesai kegiatan donor darah di bulan November, jadi selama Desember kita lebih banyak kegiatan donor bersama komunitas, jamaah masjid, dan di warung kopi. Makanya akhir tahun dan awal tahun kita kekurangan stok darah. Tapi kami tetap mengusahakan yang terbaik untuk bisa penuhi setiap permintaan darah yang masuk ke PMI Banda Aceh," ujar Haeqal usai berdonor darah.


Ia berharap masyarakat Aceh, khususnya Banda Aceh, tergerak untuk memulai awal tahun dengan mendonasikan darah untuk menyelamatkan sesama, karena ada banyak pasien di rumah sakit yang kesulitan mendapatkan darah untuk kebutuhan pengobatannya. 


Bagi masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya yang ingin melakukan donor darah, bisa melakukannya di Gedung Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh yang berlokasi di depan Stadion H. Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh.


Pelayanan donor darah PMI Kota Banda Aceh berlangsung setiap hari mulai pukul 08.00 WIB s/d 22.00 WIB. Sementara permintaan darah bisa dilakukan melalui Call Center UDD PMI Kota Banda Aceh pada nomor 08116815800.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PMI dan BFLF Indonesia Ajak Masyarakat Mulai Tahun Baru dengan Donasi Darah

Trending Now