Founder BFLF Indonesia Dilantik Jadi Kepala UPTD RSAN Dinsos Aceh, Rancang Program Unggulan Tahfiz dan Kewirausahaan

Saturday 1 January 2022 | 2:51 pm WIB Last Updated 2022-01-01T07:51:51Z


BFLF Indonesia, Banda Aceh - Michael Octaviano, S.Stp dilantik sebagai Kepala UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe (RSAN) Dinas Sosial Aceh, Michael yang sebelumnya menjabat sebagai kepala seksi pengasuhan dan perlindungan di UPTD tersebut dilantik bersama 27 pejabat lainnya oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Iskandar AP. Jumat 31 Desember 2021 Aula Badan Kepegawaian Aceh, Jum’at (31/12/2021). 

"Benar, ini merupakan kado akhir tahun untuk terus melanjutkan pengabdian, semoga dengan amanah baru ini menjadi ladang ibadah bagi saya untuk terus mengabdi," kata Michael kepada media, Sabtu 1 Januari 2021. 


Disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr Yusrizal kepada dirinya usai dilantik sebagai kepala UPTD. Sosok yang sebelumnya menjadi ASN Inspiratif Aceh ini menuturkan di bawah kepemimpinan dirinya akan ada dua program unggulan yang akan menjadi inovasi UPTD RSAN ke depan.Pertama tahfiz Alquran, kedua kewirausahaan.


"Pertama program tahfiz Alquran, karena dengan menghafal Alquran maka sebagai muslim kita meyakini  masalah sosialnya juga akan terselesaikan," sebut Michael.


Adapun program kedua yakni lebih fokus memberikan pelatihan untuk membekali anak menjadi mandiri.


"Nanti akan kita fokuskan pada pelatihan dan training tentang kewirausahaan seperti barbershop, menjahit dan lain sebagainya, sehingga saat mereka selesai dibina di sini (UPTD) mereka bisa mandiri saat di luar," ujar Michael.


Sementara itu Muhajir salah satu pengasuh putra yang sudah bekerja selama sepuluh tahun di UPTD Aneuk Nanggroe mengatakan bahwa UPTD RSAN adalah unit layanan Pemerintah Aceh di bawah Dinas Sosial Aceh yang bertugas untuk pelayanan, pengasuhan dan perlindungan terhadap anak jalanan, anak terlantar, anak korban kekerasan atau diperlakukan salah, anak yang berhadapan dengan hukum dan anak yang membutuhkan perlindungan khusus


"Terpilihnya beliau sebagai pimpinan semoga anak-anak terbentuk menjadi lebih baik dari sisi aklak dan kemampuan, anak-anak harus mampu berdikari diluar dengan mengasah kemampuan memperkuat daya saing karena selama ini kita hanya fokus pengasuhan dipanti, namun kali ini akan kita bentuk kedua-duanya," ujarnya.


Menurut Muhajir, pembekalan skil akan dikuatkan agar anak-anak tidak terkejut saat menghadapi dunia luar.


"Selama ini semua kebutuhan dilengkapi sehingga saat mereka sudah tidak dipanti kita bekali pula agar  lebih mandiri. Alhamdulliah selama ini kita sudah ada program 100 pengusaha anak panti akan kita perkuat lagi, agar gerakan ini membina anak-anak jauh lebih baik dari sebelumnya," jelasnya.


Pria berusia 41 tahun itu adalah ASN inspiratif di jajaran Pemerintah Aceh yang pada 2020 lalu yang sekaligus menjadi ikon prestasi Pancasila Republik Indonesia, Penghargaan ini diberikan kepada 76 ikon prestasi Pancasila se-Indonesia yang dilaksanakan Kedeputian Advokasi Hukum dan Regulasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). 


Ragam penghargaan diterima oleh Michael karena ia merupakan sosok yang konsisten berkiprah dalam dunia kesehatan dengan mendirikan BFLF untuk menjadi penghubung orang yang membutuhkan transfusi darah dengan pendonor.


BFLF sendiri sebelumnya telah menerima penghargaan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia sebagai Organisasi Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2014 dan kini telah membuka cabang diberbagai provinsi di Indonesia,  Michael bersama relawan BFLF aktif membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan dengan menyediakan rumah singgah, ambulan gratis dan program lainnya.[]

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Founder BFLF Indonesia Dilantik Jadi Kepala UPTD RSAN Dinsos Aceh, Rancang Program Unggulan Tahfiz dan Kewirausahaan

Trending Now