Isi Materi Pekan Literasi Santri, Ketum BFLF: Saya Menemukan Mutiara di MSBS

Saturday 2 October 2021 | 12:30 pm WIB Last Updated 2021-10-02T07:10:44Z

 

BFLF Indonesia, Jantho - Islam mengajarkan untuk saling tolong menolong harus saling berbagi, hal ini diungkapkan oleh Michael Oktaviano ketua umum BFLF Indonesia saat mengisi materi pada Pekan Literasi Santri MSBS (Muamalat Solidarity Boarding School) dengan tema "Peduli Menuju Sukses Dunia dan Akhirat" di Kota Jantho Sabtu (02/10/2021). 

Pada kesempatan tersebut Michael mengutip beberapa kisah tentang pengalaman para santri yang berkesempatan untuk membahagiakan dan memuliakan sesama.

Beberapa santri berkisah tentang pengalaman menolong saat ada yang kecelakaan, memberi teman uang jajan, serta kisah saat didoakan oleh orang yang pernah mereka tolong.

Beberapa kisah lain seperti mebantu dalam keluarga seperti menjaga nenek yang sakit parah untuk bersuci, makan hingga mencukupi segala kebutuhan lainnya. Juga tentang kisah berbagi dengan kakak dan adik saat sedang kesusahan kondisi ekonomi.



Motivasi untuk peduli kepada orang lain walau saat sedang dalam kesusahan juga pernah menjadi kenangan yang susah dilupakan, seperti yang dikisahkan oleh seorang santri yatim piatu saat ia sedang kerumah sakit dan melihat seorang nenek penuh kesusahan, ia kemudian mengikuti arah perginya sang nenek, kemudian ia menemukan fakta bahwa nenek tersebut memiliki hutang dengan bunga besar serta cucu yang sedang sakit keras. Hasil perbincangan dengan nenek ia kemudian memutuskan untuk menolong nenek tersebut dengan bekerja keras.

"Beberapa kisah inspiratif tentang menolong orang banyak dilakukan dengan sepenuh hati, mereka punya kepedulian, generasi bangsa kita banyak yang masih baik. Disaat anak anak lain menghabiskan waktu sia-sia, saya menemukan mutiara di MSBS," ucap Michael.

Michael kembali mengingatkan sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain, ia berpesan agar amanah Rasul seperti memberi salam kepada orang tidak dikenal, berbuat kebaikan pada orang yang tidak baik pada kita dan menyambung silaturahmi dengan orang yang memutus silaturahmi.

Sementara itu Badratun Nafis Ketua Osis MSBS mengatakan, para santri maupun santriwati sangat antusias terhadap materi yang dipaparkan, ia berharap apabila pondok pasantren mengadakan kegiatan serupa akan ada pemateri serupa.

"Sangat antusias, biasanya pemateri lain hanya memberikan motivasi bagaimana cara meraih kesuksesan dunia, tapi kali ini kami dibekali bahwa saat memilih peduli maka kita akan meraih kesuksesan dunia dan akhirat," ujarnya. [ ]

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Isi Materi Pekan Literasi Santri, Ketum BFLF: Saya Menemukan Mutiara di MSBS

Trending Now