Sambut Ramadan, RSAN Dinsos Aceh Bersama BFLF Berbagi Bersama Pengungsi Rohingya

Monday 13 March 2023 | 12:23 pm WIB Last Updated 2023-03-13T05:27:33Z

 

Keterangan Foto: Anak-Anak Rohingya di penampungan sementara UPTD RSBM Ladong, saat melakukan rangkaian kunjungan dari UPTD RSAN Dinsos Aceh dan BFLF. Foto: Humas BFLF/Ist.

Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Rumoeh Seujahtera Aneuk Nanggroe (RSAN) Dinas Sosial Aceh bersama Blood For Life Foundation (BFLF) Indonesia, mengunjungi para pengungsi di tempat penampungan sementara UPTD Rumoeh Seujatera Beujroeh Meukarya (RSBM), Ladong, Aceh Besar. Minggu, 13 Maret 2023. (Sore). 

Kepala UPTD RSAN Dinsos Aceh, Michael Octaviano mengatakan, pada kunjungan tersebut belasan anak binaan RSAN mengajak 70 orang anak dari pengungsi Rohingya untuk belajar memasak, mewarnai, membuat celengan tabungan, hingga mengolah sampah plastik menjadi barang bermanfaat.

"Kita membawa anak-anak RSAN untuk dapat berbagi dan memberikan kebahagian kepada saudara mereka sebaya sebanyak 70 orang anak pengungsi Rohingya di Ladong dalam program take and Give dan juga memberikan kebahagian dalam menyambut bulan Puasa Ramadhan 1445H," kata Michael. 

Menurut Michael, selama ini anak binaan RSAN terus diajarkan agar, bukan hanya menerima tapi juga harus berbagi dan peduli, hal ini untuk menumbuhkan rasa syukur.

"Apa yang mereka (anak binaan RSAN) dapat, karena diluar sana masih banyak yang lebih tidak seberuntung mereka, dan kita ingin menumbuhkan rasa itu," kata dia. 


Keterangan Foto: Anak-Anak Rohingya di penampungan sementara UPTD RSBM Ladong, saat melakukan rangkaian kunjungan dari UPTD RSAN Dinsos Aceh dan BFLF. Foto: Humas BFLF/Ist.

Michael mengatakan, kegiatan seperti memasak desert box, mewarnai, membuat celeng tabungan, mengolah sampah plastik untuk menjadi barang bermanfaat dilakukan langsung dilokasi tempat anak-anak Rohingya menetap sementara. 

Selain itu, sejumlah bantuan seperti baju layak pakai, sendal, hingga makanan ringan seperti cemilan dan susu ikut diberikan, bantuan tersebut merupakan bantuan kemanusiaan yang dikumpulkan BFLF dari masyarakat Aceh. 

"Anak-anak berbagi Makanan ringan, serta susu kotak untuk seluruh anak yg ada di pengungsian di UPTD RSBM Ladong, anak-anak mengucapkan rasa syukur dan bahagia karena mereka diberi kesempatan dan nilai nilai kebaikan, barakallah," ujarnya. 

Sementara itu, Pembina BFLF Sari Haslinur mengatakan, kegiatan berbagi bersama pengungsi Rohingya ini dapat memberikan kebahagiaan untuk anak-anak di penampungan Ladong, sebab kata dia selama ini anak-anak disana sangat membutuhkan pembelajaran untuk tumbuh kembang. 

"Mereka muslim paling teraniaya, ibadahpun tidak senikmat kita. Mari bersama kita berupaya untuk membantu mereka, kita lihat mereka sebagai sesama muslim, Islam mengajarkan kita untuk saling mencintai muslim lainnya," kata Sari. 

Lebih lanjut, Sari berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh bagi seluruh intansi Pemerintahan serta lembaga lainnya di Aceh. 

Sementara itu, Abdul, salah satu pengungsi Rohingya yang kini sudah fasih berbahasa melayu, mengaku bahagia atas kedatangan pihak UPTD RSAN.

"Alhamdullilah, Alhamdullilah, hanyalah Allah yang membalas kebaikan saudara," kata Abdul.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut Ramadan, RSAN Dinsos Aceh Bersama BFLF Berbagi Bersama Pengungsi Rohingya

Trending Now