Kajian Dan Motivasi Rumah Syariah BFLF: Kewajiban Shalat Meski Dalam Keadaan Sakit

Friday 28 January 2022 | 7:55 pm WIB Last Updated 2022-01-29T04:32:51Z

 


“Dan bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah”(Qs.At- Taghabun: 16).

Sahabat baiikku, dari isi Al-Qur’an diatas dapat kita simpulkan bahawa shalat adalah tiang Agama dengan hukum wajib dikerjakan bagi seorang muslim yang sudah balingh.

Sebagai insan, perintah akan shalat menjadi keutamaan yang harus ditanamkan dalam jiwa sebab ia menjadi amalan yang akan dihisab pertama kali.

Begitupun dengan mereka yang sedang sakit, kewajiban akan shalat tidak lah dicabut darinya selama akal dan ingatannya masih baik-baik saja. Namun dalam islam pula Allah memberi keringanan dalam mengerjakannya.





Walaupun mendapat keringanan dari Allah SWT menunaikan shalat tidak boleh dilakukan seenaknya,  tetap ada batasan syariah yang mengikutinya, seperti orang sakit tetap diwajibkan sholat  jumlah rakaat yang sudah titetapkan tidak boleh di kurangi seperti:

1. Apabila seorang muslim tidak dapat berdiri boleh dilakukan dengan cara duduk, duduknya menghadap kiblat, cara rukunya ialah dengan membungkuk sedikit, sedangkan cara sujudnya sama seperti sujud yang biasa dilakukan.

2. Apabila seorang muslim tidak dapat duduk maka boleh dilakukan dengan berbaring, dengan cara kedua belah kakinya di arahkan ke arah kiblat, kepala ditinggikan dengan bantal dan mengarah kiblat, cara mengerjakannya pada saat melakukan ruku cukup dengan kepala di gerakkan kemuka, sedangkan pada saat sujud kepala digerakkan kemuka lebih ditundukan.

3. Apabila duduk dan berbaring tidak bisa maka boleh seorang muslim berbaring dengan seluruh anggota tubuhnya menghadap kekiblat, cara mengerjakannya saat rujuk dan sujud cukup dilakukan dengan menggerakkan kepala sesuai kemampuannya.

4. Apabila tidak dapat mengerjakannya juga makan boleh dilakukan dengan cukup memberi isyarat, baik dengan kepala maupun dengan kedipan mata, dan jika semuanya tidak dapat dilakukan maka boleh seorang muslim mengerjakan shalat salah hati, selama akal dan jiwanya masih ada.

[Kajian dan Motivasi kepada Pasien dan Keluarga Pasien Rumah Singgah Syariah BFLF Pusat, Jum’at 28 January 2022 bersama Ustad Budi Hidayat]


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kajian Dan Motivasi Rumah Syariah BFLF: Kewajiban Shalat Meski Dalam Keadaan Sakit

Trending Now